Mengatasi yang Negatif


Amsal 4:23 “Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan”
__________________________________________

Jauh sebelum psikologi ditemukan, Tuhan mengatakan pikiran Anda menentukan perasaan Anda dan perasaan Anda menentukan tindakan Anda.
Jika Anda ingin mengubah hidup Anda, Anda harus mengontrol cara Anda berpikir.

Pikiran kita benar-benar merupakan sebuah ciptaan yang menakjubkan.
Akan membutuhkan komputer seukuran kota kecil hanya untuk melakukan fungsi dasar otak Anda.
Otak Anda berisi lebih dari seratus miliar sel saraf.
Setiap sel individu dihubungkan dengan sepuluh ribu neuron lain.

Selain itu, Anda terus-menerus berbicara kepada diri sendiri sepanjang waktu.
Pikiran Anda sedang berbicara dengan Anda! Anda sedang berbicara dengan diri Anda sekarang.
Penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan orang berbicara dengan kecepatan 150 hingga 200 kata per menit, tapi pikiran dapat mendengarkan sekitar 500-600 kata per menit.
Itu sebabnya Anda dapat mendengarkan saya dan merencanakan makan malam hari ini pada waktu yang sama.

Bahkan, dialog internal kita-pembicaraan yang kita lakukan dengan diri kita sendiri-adalah pada tingkat 1.300 kata per menit.
Bagaimana ini mungkin? Karena pikiran kita melihat dalam gambar, dan Anda dapat melihat sebuah pikiran dalam waktu nano detik!

Masalahnya adalah banyak dari kita yang seperti Ayub, yang mengatakan, “Semua yang saya katakan sepertinya mengutuk saya” (Ayub 9:20 GN).
Dia mengatakan, pada dasarnya, “Semua yang saya katakan pada diri sendiri justru membuat saya down.”
Dengan kata lain, Anda sendiri adalah kritikus terburuk Anda.

Kita cenderung untuk membuat diri kita sendiri menjadi down.
Kita berjalan ke dalam ruangan dengan tersenyum, tapi di dalam hati kita berpikir, “Aku gemuk. Aku bodoh. Aku jelek. Dan aku selalu terlambat! ”

Tuhan ingin kita berhenti membuat diri kita sendiri menjadi down.
Ketika Anda berpikir negatif tentang diri Anda, siapa yang sebenarnya sudah Anda buat down?

Ketika Anda mengatakan, “Saya gemuk. Saya bodoh. Saya jelek. Saya tidak baik. Saya tidak punya bakat,” Anda benar-benar telah menunjuk kepada Sang Pencipta yang menciptakan Anda.

Ketika Anda berkata, “Tuhan, saya tidak berguna. Saya jelek. Saya tidak bisa melakukan apa-apa,” Anda sebenarnya sedang berkata,” Tuhan, Engkau gagal menciptakan saya”
Itu sebabnya Tuhan berkata adalah sesuatu yang salah untuk berpikir negatif tentang diri Anda sendiri.

Bagaimana anda dapat menghilangkan pikiran dan perkataan negatif yang Anda lakukan pada diri Anda sendiri sehingga Anda dapat menjadi orang yang lebih percaya diri?

Alkitab mengajarkan sebuah prinsip : “Semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.” (Filipi 4:8 )

Dengan kata lain, tidak berpikir tentang semua kelemahan dalam hidup Anda.
Fokus pada yang Tuhan inginkan atas diri Anda dan pada apa yang Tuhan ingin lakukan dalam hidup Anda.

Tidak ada penawar yang lebih baik untuk rasa percaya diri yang rendah (atau untuk menghadapi sakit hati, kebiasaan buruk dan kekecewaan) daripada membaca firman Tuhan setiap hari: mempelajarinya menghafalnya, merenungkannya, dan menerapkannya pada hidup Anda.

Tidak ada hal lebih baik yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan tingkat percaya diri Anda, selain mulai mempercayai apa yang Tuhan katakan tentang Anda.

Ketika saya membaca Alkitab, bab demi bab, saya menemukan sebuah ayat yang berbicara kepada saya.
Saya menulis di atas kartu, menghafalkannya, dan kemudian saya mulai menegaskan kembali kepada Tuhan. “Bapa, terima kasih bahwa saya berharga, saya berarti, saya diampuni, saya mampu.”
__________________________________________

Biarkan Tuhan memperbarui pikiran Anda karena kehidupan Anda dibentuk oleh pikiran Anda.

(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)
Sumber CPG

Leave a comment

Filed under menu ok, Rohani

Leave a Reply

