Kebiasaan Mengucap Syukur


Kebiasaan Mengucap Syukur

Ini adalah kebiasaan istimewa yang bisa mengubah hidup selalu menjadi lebih baik. Bahkan agama mendorong kita bersyukur tidak saja untuk hal-hal yang baik, tapi juga dalam kesusahan dan hari-hari yang buruk.

Ada rahasia besar dibalik ucapan syukur yang sudah terbukti sepanjang sejarah. Hellen Keller yang buta dan tuli sejak usia dua tahun, telah menjadi orang yang terkenal dan dikagumi diseluruh dunia. Salah satu ucapannya yang banyak memotivasi orang adalah “Aku bersyukur atas cacat-cacat ini aku menemukan diriku, pekerjaanku dan Tuhan-ku”.

Anda wajib mensyukuri apa pun yang menimpa Anda. Ini bukan masalah keberuntungan. Bersyukur menuntun Anda untuk senantiasa menyingkirkan segi negatif dalam hidup. Orang lain mungkin mengatakan Anda tidak realistis. Namun, sebenarnya sikap Anda jauh lebih realistis, yaitu membebaskan Anda dari kecemasan atas kesalahan.

Bersyukur mendorong Anda untuk bergerak maju dengan penuh antusias. Tak ada yang meringankan hidup Anda selain sikap bersyukur. Semakin banyak bersyukur, semakin banyak Anda menerima. Semakin banyak mengingkari, semakin banyak beban yang Anda jejalkan pada diri Anda.

Kebanyakan orang lebih terpaku pada kegagalan dan mengingkarinya. Sedikit sekali yang melihat pada keberhasilan lalu mensyukurinya. Anda takkan pernah berhasil dengan menggerutu dan berkeluh kesah. Anda berhasil karena berusaha. Dan usaha Anda lakukan karena Anda melihat sisi positif. Hanya dengan bersyukurlah sisi positif itu tampak di pandangan Anda.

Memang sulit untuk mengucap syukur terhadap segala kesusahan, kegagalan, hambatan maupun kekurangan dan sejenisnya. Namun kita bisa belajar secara bertahap.

Mulailah mensyukuri kehidupan, mensyukuri berkat, kesehatan, keluarga, sahabat, dsb. Lama kelamaan kita bahkan bisa bersyukur atas kesusahan dan situasi yang buruk.

Leave a comment

Filed under General, Rohani

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s