Pergumulan


Semua orang termasuk orang percaya mengalami pergumulan entah itu sakit penyakit, musibah, kekecewaan, ketidakadilan, dan sebagainya.

Menjadi orang Kristen tidak menjadikan kita otomatis ‘hidup enak’ menurut konsep salah yang sudah menyebar di tengah-tengah kita selama ini. Selama kita hidup pasti selalu ada pergumulan. Justru karena pergumulanlah, otot rohani seorang Kristen dilatih dan dibentuk. Terlebih lagi bila kita sudah menyadari bahwa jati diri seorang Kristen terlihat dari cara ia berespon terhadap pergumulan dalam hidupnya. Bagaimana ia melalui dan mengatasi pergumulan itu, sejauh itu pulalah manusia rohaninya.

Dalam kitab Kejadian 32:22-30 diceritakan bagaimana Yakub bergumul dengan seseorang hingga fajar menyingsing. Dari kisah ini ada beberapa kesimpulan yang bisa dipetik yaitu:

  1. Melalui pergumulan, Tuhan menghancurkan setiap andalan kita entah itu fisik, harta, pekerjaan, jabatan, dan sebagainya hingga kita benar-benar menyadari bahwa TUHANlah satu-satunya yang harus diandalkan. (Kej 32:25)
  2. Setiap pergumulan mempunyai batas waktu. (Kej 32:26)
  3. Setiap pergumulan selalu membawa perubahan. (Kej 32:27-28)
  4. Setiap (sesudah) pergumulan akan membawa berkat. (Kej 32:29)
  5. Melalui pergumulan kita melihat (kemuliaan) Allah. (Kej 32:30)

Tidak ada seorangpun yang mengatakan bahwa hidup menjadi seorang Kristen itu mudah. Kita harus berperang setiap hari, berserah setiap hari dan melakukan semua tanggung jawab kita sebagai manusia yang tinggal menumpang di dunia ini. Pergumulan sudah menjadi sesuatu yang kita alami setiap hari. Kita butuh pergumulan. Mengapa? Karena ketika seorang manusia mengalami masa-masa berat dan kelam dalam hidupnya, di saat-saat itulah potensi dirinya maksimal, di saat-saat itulah ia melihat Tuhan dan kuasa-Nya.

Saya hendak mengatakan betapa beruntungnya kita yang sedang berbeban berat, menanti dengan sabar, bahkan harus mengalami pahitnya hidup di masa lalu atau sekarang, karena pergumulan itu membuat kita mengalami Kristus dan kuasa-Nya.

Pergumulan itu perlu, penting dan wajib adanya dalam kehidupan setiap orang percaya. Di mana ada hidup di situ ada pergumulan. Di mana ada pergumulan di situ ada kuasa Kristus. Di mana ada kuasa Kristus di situ ada hidup yang diberkati dan berkemenangan. Puji syukur kepada Tuhan yang TELAH melimpahkan kita segala sesuatu yang kita perlukan untuk hidup berkenan di hadapan-Nya.

http://www.mediafire.com/download.php?ttffxydnhkf2y21

pass: natachrist

Leave a comment

Filed under Rohani

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s